Selasa, 05 Januari 2010

I Robot

I ROBOT merupakan film yang mengambil tema masa depan dimana robot sudah hidup berdampingan dengan manusia. Robot dipakai untuk membantu berbagai kegiatan manusia dari menjaga rumah, sampai mengambilkan barang manusia yang ketingggalan di rumah. Bentuk dan ukurannya pun dibuat seperti manusia. Hal ini membuat interaksi antara manusia dan robot berjalan dengan baik.

Namun ada kejadian mengerikan terjadi, profesor yang membuat robot-robot tersebut ditemukan tewas di laboratoriumnya sendiri. Ada dugaan bahwa ia bunuh diri, namun ada seorang detektif yang menyangkal dugaaan tersebut. Ia menduga bahwa ada robot yang menyebabkan itu terjadi, namanya Sunny. Sunny adalah robot yang diciptakan berbeda, dia memiliki perasaan hampir sama seperti manusia bahkan dia mengatakan kalau dia pernah bermimpi. Nama detektif yang menyelidiki kasus tersebut adalah Spooner. Spooner memiliki kenangan buruk tentang robot mungkin hal itu yang membuat dia tidak percaya terhadap robot.

Spooner dibantu oleh asisten profesor untuk menyelidiki kasus tersebut. Namun ketika misteri tersebut hampir terungkap, VIKI berusaha menggagalkan rencana mereka. VIKI adalah otak dari robot-robot itu sehingga dia dengan mudah memanipulasi robot-robot tersebut sehingga robot tersebut malah berbalik menyerang manusia.

Ketika mereka mendapatkan kesulitan Sunny menolong mereka. Sunny merasa bahwa hanya detektif Spooner lah yang dapat memenuhi keinginan profesor. Akhirnya Spooner berhasil menghentikan kegilaan VIKI dengan cara menyuntikkan virus langsung ke dalam VIKI yang membuat dia rusak dan akhirnya robot-robot yang dikendalikan oleh VIKI pun kembali normal dan mulai membantu manusia kembali. Dan Sunny lah yang memimpin para robot itu.

Sekarang ini manusia sangat membutuhkan komputer dalam hal ini robot. Karena robot dapat mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Namun terkadang kita lupa bahwa manusia masih lebih pintar dari robot karena manusia memiliki hati dan perasaan yang tidak bisa diciptakan dalam bentuk chip atau apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar