Selasa, 05 Januari 2010

HATI-HATI MUDIK

Mungkin kata mudik sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Mudik dapat diartikan pulang kampung.
Mudik juga dilakukan sebagai silatuhrahmi kepada orang tua dan sanak saudara di kampung halaman
Bagi masyarakat di Indonesia mudik dilakukan saat hari raya tiba, khususnya bagi umat muslim.
Tidak hanya di Indonesia saja tapi di berbagai negara di dunia pun melakukannya.

Beberapa hari menjelang Lebaran biasanya para pemudik sudah mempersiapkan apa saja yang akan dibawa saat mudik.
Para pemudik bisanya membawa oleh-oleh untuk diberikan kepada saudara mereka di kampung. Ada yang memberikan pakaian, makanan,dan bahkan ada yang membawa barang elektronik sebagai hadiah Lebaran.

Pemudik biasanya memilih transportasi darat ketimbang transportasi udara maupun laut. Selain biayanya yang lebih murah, transportasi darat juga lebih mudah dalam pengoperasiannya.
Mudah dalam arti banyak kendaraan yang dipilih ada motor, mobil, bus dan kereta api.
Di Indonesia sendiri transportasi darat yang paling banyak dipilih adalah motor.

Bagi masyarakat di Indonesia khususnya masyarakat menengah, motor adalah kendaraan yang paling cocok. Murah dan cepat tapi tidak perlu menagntre tiket adalah alasan mengapa motor menjadi pilihan utama.
Namun karena ongkosnya yang relatif murah, pemudik biasanya memaksakan diri dengan membawa barang melebihi kapasita motor.
Agar mereka tidak rugi mereka membawa semua barang yang ingin dibawanya ke kampung dan hal ini lah yang menyebabkan banyak terjadinya kecelakaan.
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengecek kondisi kendaraan mereka juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Sebaiknya bagi anda para pemudik yang menggunakan sepeda motor atau mobil membawa kendaraan mereka ke bengkel agar dilakukan pengecekan maupun service.
Hal ini wajib dilakukan agar meminimalisasikan resiko terjadinya kecelakaan. Setelah itu tinggal memilih barang apa saja yang akan dibawa. Jika melebihi kapasitas lebih baik dikurangi dan tidak memaksakan
agar kendaraan dapat melaju dengan normal. Dan bila penumpang juga melebihi kapasitas alangkah baiknya anda memlih kendaraan yang lebih besar seperti mobil ataupun bus.
Memang agak lebih mahal tapi demi keselamatan mengapa tidak memilih kendaraan yang cocok dengan kebutuhan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar