Selasa, 29 Desember 2009

PERANAN IT DALAM PROSES HUKUM

Di jaman modern seperti sekarang ini, manusia sangatlah bergantung pada ilmu teknologi. bagaimana tidak, dengan ilmu teknologi pekerjaan kita akan semakin mudah.
dari hal kecil hingga masalah besar seperti proses hukum pun menggunakan ilmu teknologi.

Contoh kecilnya seperti mengungkap keaslian sebuah foto.
Di indonesia sudah banyak sekali kasus rekayasa sebuah foto dan biasanya para selebritislah yang menjadi korban. Tindakan ini biasa dilakukan hanya untuk mencari kesenangan saja namun bila sudah menyinggung privasi orang lain dan melakukannya tanpa izn dari yang bersangkutan, tindakan ini akan menjadi sebuah pelanggaran hukum.
Karena tindakan ini dianggap sebagai pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan.
Untuk itu dilakukanlah sebuah penyeledikan untuk mengungkap apakah foto tersebut asli atau hanya sebuah rekayasa semata.

Tindakan ini tidak dapat dilakukan sembarangan, perlu skill yang baik dalam bidangnya, dalam kasus ini Ilmu teknologi. Aplikasi yang digunakan pun tidak seperti aplikasi yang biasa kita temukan di rumah-rumah. Perlu aplikasi khusus untuk mengungkap keaslian sebuah foto.
Bila hal-hal tersebut dilakukan mudah-mudahan pihak berwenang dapat mengetahui apakah foto tersebut asli atau rekayasa sehingga kebenaran pun dapat terungkap dan pihak yang dirugikan mendapatkan keadilan.

Sikap kita sebagai masyarakat adalah membantu para penegak hukum dengan tidak merekayasa foto orang lain tanpa seizin orang tersebut dan menggunakan ilmu yang kita punya untuk sebuah tindakan yang positif sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Dan semoga para penegak hukum dapat melakukan tugas mereka lebih baik lagi dengan memanfaatkan Ilmu teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar