Minggu, 04 April 2010

BAB 1 Pendahuluan

BAB I

1.1 Latar belakang
Teknologi informasi sampai dengan saat ini telah berkembang sangat pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi, khususnya dalam perkembangan dunia komputer. Karena hal itu banyak sekali kemudahan-kemudahan yang tercipta dari peningkatan layanan teknologi.
Dulunya komputer hanya sebagai alat hitung saja, tetapi karena perkembangannya yang sangat pesat komputer menjadi alat yang multiguna. Komputer banyak dipakai sebagai alat belajar, bisnis, hiburan, dan masih banyak lagi fungsinya. Perkembangan komputer juga mempengaruhi berkembangnya dunia internet. Internet menjadi pasangan yang yang tak bisa dipisahkan oleh komputer.
Layanan internet adalah salah satu kemajuan dari ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi tersebut. Internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi hampir semua orang, dari yang masih kecil sampai orang tua, dari yang tua sampai yang muda semuanya menggunakan internet. Sekarang internet tidak hanya dapat diakses melalui komputer, handphone pun sekarang dapat mengakses internet.
Perkembangan internet di Indonesia juga semakin meningkat. Seiring dengan perkembangannya, maka banyak pula orang yang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Warnet pun mejadi pilihan yang paling diminati. Namun untuk menjalankan bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit, selain perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) pun sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis ini. Dalam sebuah warnet pun memiliki kendala dalam penjualan jasanya. Awalnya warnet hanya memiliki sistem pembayaran yang manual. Pegawai warnet hanya mencatat jam berapa user mengunakan computer dan jama berapa user selesai menggunakan computer. Lalu menjumlahkan lama waktu atau durasi dengan mengalikan tarif awal dengan durasi. Namun banyak sekali kesalahan yang terjadi pada perhitungnnya. Karena itu warnet memerlukan sebuah aplikasi pembayaran yang cepat dan akurat.
Aplikasi tersebut biasa disebut billing. Billing ini digunakan untuk mengetahui berapa lama waktu yang telah dipakai oleh klien, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan baik dari pihak klien maupun pihak warnet.


1.2 Batasan masalah
Permasalahan dibatasi tidak membuat print out dari bukti transaksi, atau struk pembayaran dari server. Aplikasi ini hanya menampilkan total biaya dan durasi penggunaan dalam billing.

1.3 Tujuan Penulisan
Membuat aplikasi billing dengan menampilkan form yang terdiri dari durasi yang telah dipakai dan biaya yang harus dikeluarkan oleh klien. Dan juga memudahkan pemilik untuk mengontrol kegiatan pada warnet atau rental komputer khususnya dalam penghitungan biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar